Senin, 24 November 2014

Rumus Rumus Excel

Microsoft /Ms Excel tak lepas dari rumus rumus excel yang paling sering digunakan dalam pekerjaan yang berkaitan dengan pengelolaan data office. kita tahu sendiri kan rumus excel sangat bervariasi dan banyak banget. Buat sobat ilmuonline yang lagi mbutuhin rumus Ms excel untuk keperluan kerjaan atau hanya sekedar mau belajar Ms excel bisa di simak penjelasan singkat saya di bawah ini :
1. SUM
Rumus SUM ini paling sering di gunakan, fungsi utamanya adalah untuk penjumlahan /menjumlahkan. Misal :
=SUM(B12:B25) artinya menjumlahkan data di kolom B12 sampai B25
2. AVERAGE
Fungsi untuk mengabil nilai rata-rata suatu variable, misal :
= AVERAGE(D7:E7) artinya menngambil nilai rata-rata dari D7 sampai E7.
rumus average excel Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap
 3.  AND
Fungsi Menghasilkan nilai TRUE jika semua argument yang di uji bernilai BENAR DAN FALSE jika semua atau salah satu argument bernilai SALAH.
Contoh kasus : Peserta ujian dinyatakan lulus jika nilai ujian teori dan praktik masing-masing harus di atas 7, jika kurang dari 7 maka dinyatakan gagal.
rumus if dan and 450x103 Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap
 
4. NOT
Fungsi not kebalikan dari fungsi AND, yakni menghasilkan TRUE jika kondisi yang di uji SALAH dan FALSE jika kondisi yang di uji BENAR
rumus not pada excel 450x173 Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap

5. OR
Fungsi Menghasilkan TRUE jika beberapa argument bernilai BENAR dan FALSE jika semua argument SALAH
rumus or dalam excel 450x144 Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap

6. SINGLE IF
Fungsi Menguji kebenaran suatu kondisi, contoh kasus
rumus IF dalam excel 450x150 Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap

7. MULTI IF
Fungsi hampir sama dengan fungsi IF akan tetapi di ambil dari dua kondisi. contoh kasus
rumus multi if 450x115 Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap

8. AREAS
Fungsi Menampilkan jumlah area (range atau sel) dalam suatu referensi (alamat sel atau range yang di sebutkan). Contoh kasus 
fungsi areas 450x195 Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap

9. CHOOSE
Fungsi Menampilkan hasil pilihan berdasarkan nomor indeks atau urutan pada suatu referensi (VALUE) yang berisi data teks, numeric, formula atau nama range.
rumus choose in excel Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap

10. HLOOKUP
Fungsi Menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format mendatar. syarat penyusunan tabel ; data pada baris pertama harus berdasarkan urutan dari kecil ke besar /menaik. misal ; 1,2,3,4…. atau huruf A-Z. Jika anda sebelumnya mengetikkan secara acak silhakan urutkan dengan menu Ascending. contoh kasus
rumus hlookup di excel 450x206 Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap

11. VLOOKUP
Fungsi menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format tegak atau vertikal. syarat penyusunan tabel  data pada baris pertama harus berdasarkan urutan dari kecil ke besar /menaik. misal ; 1,2,3,4…. atau huruf A-Z. Jika anda sebelumnya mengetikkan secara acak silhakan urutkan dengan menu Ascending. contoh kasus
rumus vlookup in excel 450x123 Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap

12. MATCH
Fungsi menampilkan posisi suatu alamat sel yang di tetapkan sebelumnya yang terdapat dalam sekelompok data. contoh kasus
rumus match in excel 450x315 Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap
13. COUNTIF
Fungsinya untuk menghitng jumlah cell dalam suatu range dengan kriteria tertentu. adapun rumus yang serng digunakan adalah =COUNTIF(range;kriteria).
Misal :  menghitung jumlah siswa yang tidak lulus ujian /remidi. =COUNTIF(D1:D45;”remidi”) maka dari contoh tadi keterangan siswa berada di range D1 sampai D45 dimana keterangannya remidi. maka hasilnya adalah total siswa yang remidi.

14. COUNTBLANK(range)

Pada sintaks ini, range mengacu pada area atau rentang tabel yang ingin diketahui ada berapa banyak sel kosongnya.
Catatan penting, sebelum mulai menggunakan fungsi Countblank, anda perlu menonaktifkan fungsi perhitungan berulang. Hal ini akan membuat fungsi Countblank berfungsi dengan maksimal yaitu hanya menghitung sel yang kosong dan tidak menghitung sel dengan nilai 0.
Cara penonaktifan fungsi perhitungan berulang yaitu dengan klik tab File, lalu klik Opsi, lalu klik Rumus dan dibawah Opsi perhitungan, hapus kotak centang dan kemudian klik Ok.

Contoh penggunaan fungsi Countblank pada lemabar kerja microsoft excel

Berikut diberikan contoh penulisan rumus menghitung jumlah sel yang kosong dan ilustrasi penggunaanya pada suatu kasus dokumen kerja
Contoh 1
contoh penggunaan rumus countblank excel 1
Penulisan rumusnya: =COUNTBLANK(A1:D11), yang akan menghitung jumlah sel kosong pada range A1 sampai D11 misalnya menjadi 42 (jumlah sel kosong)
Contoh 2
 contoh penggunaan rumus countblank excel 2
Penulisan rumusnya: =COUNTBLANK(B5:G24), yang akan menghitung jumlah sel kosong pada range B5 hingga G24 misalnya menjadi 120 (jumlah sel kosong)
Begitulah penjelasan singkat rumus countblank dan contoh penggunaanya pada lembar kerja yang membutuhkan hitungan cepat berapa sel yang kosong tidak terisi pada suatu dokumen. Semoga bermanfaat.

Sumber : http://ilmuonline.net/rumus-rumus-excel-2007-lengkap/
               http://rumuslengkap.com/excel-teks/penggunaan-fungsi-dan-rumus-countblank-dalam-excel/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar